5/15/2018

Cara Membuat Blog Gratis di Google

Cara Membuat Blog Gratis di Google - Blogging adalah suatu kegiatan online yang kini semakin banyak digemari kalangan muda di Indonesia. Selain dapat menyalurkan ide tulisan juga dapat menghasilkan uang. Untuk membuat blog tidaklah sesulit yang dibayangkan. Saran saya, jika kalian ingin membuat blog baru alangkah baiknya tentukan dahulu tema yang tepat.


Dengan menentukan tema terlebih dahulu dapat memudahkan kita sebagai pengelola dan sekaligus pemilik blog untuk menulis tiap artikel. Jika benar-benar blog ingin dikelola dengan baik, maka update setiap hari dan kedepannya kamu dapt memonetize blog tersebut. Sehingga selain dapat share hal-hal yang anda ketahui juga menadapatkan bayaran dari internet. enak tenan jaman ngeblog to....hehehehehe

Sebenarnya untuk membuat blog selain dari blogger juga dapat menggunakan beberapa platform seperti Blogdetik, Wordpress, Tumblr, Webly, Medium dll. Sampai saat ini platform yang paling banyak digunakan oleh para blogger adalah Wordpress dan Blogspot. Dalam kesempatan kali saya akan share, bagaimana cara membuat blog di Google yaitu dengan platform blogspot.

Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis?


Sebenarnya untuk membuat blog di Google cukup mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Tetapi apabila ingin dijadikan blog tersebut menjadi TLD harus menggunakan biaya, harus membayar biaya domain yang telah dibeli seperti milik saya ini PortalBlogspot.net.

Sebelum membahas cara membuat blog di blogspot, yang perlu anda pahami dan ketahui adalah bahwa proses selanjutnya setelah membuat blog tsb.

Jangan pernah berharap bahwa setelah membuka blog dan membuat postingan maka sejak itu pula anda akn mendapatkan income dari blog itu sendiri. Salah jika anda berfikir demikian.

Ada tahap-tahap yang harus dilalui untuk menjadikan blog sebuah sumber pendapatan pada akhirnya. Sebelum sampai tahap tsb, anda harus mengentahui cara membuat blog yang baik dan benar.

Baca: Cara Membuat Blog#1 Menentukan Platform Blog

Lalu, Apa Kelebihan Membuat Blog Gratis?


Kenapa saya memilih blogger sebagai tempat untuk membuat blog tentu saja selain "Gratisan" ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan diantaranya adalah:

1. User Friendly,
2. Mudah di modifikasi sesui selera kita,
3. Setting ke Domain TLD gampang,

Jadi sebelum anda membuat sebuah blog harus memiliki dahulu akun di Google. Bagaimana cara membuat akun di google ? berikut panduannya Cara Daftar Akun Google untuk Blog

Tanpa panjang kali lebar, simak cara singkat membuat blog keren di google

Cara Membuat Blog di Google Terbaru


1.Setelah memiliki akun google, buka www.blogger.com lalu login.

2.Setelah itu anda akan dibawa pada halaman pemberitahuan untuk melakukan konfirmasi profil, kemudian klik tombol "Lanjutkan ke Blogger" atau "Next to Blogger"

3.Setelah terbuka halaman baru yaitu halaman utama blogger kemudian klik "Blog Baru" atau "New Blog"

4.Kemudian pada halaman popup isi judul, alamat url dan pilih template



  • Judul: Buatlah judul yang berhubungan dengan isi dari artikel yang hendak anda tulis dan unik dimata mesin pencari Google.
  • Alamat URL: Alamat url usahakan sama dengan judul blog itu sendiri.
  • Template: Pilih sesuai dengan keinginan anda.


5. Klik tombol "Buat Blog" atau "Create Blog"

Demikianlah Cara Membuat Blog Gratis di Google. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu teman-teman yang belum mengerti cara membuat blog gratis di Google. Jika ada hal yang kurang jelas dan ingin ditanyakan mengenai artikel di atas, silahkan kirim pertanyaan di bagian komentar.