6/19/2017

Apa Itu SEO Bagi Blog?

Ketika saya mengenal blog, tida pernah berfikir sedikit pun tentang SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing). Yang saya mengerti nge-blog hanya nulis artikel dan update artikel. Ternyata semua itu salah, jika dikemudian hari blog anda ingin dijadikan untuk menghasilkan uang maka mulai sekarang jangan pernah mengabaikan tentang SEO. Untuk mengawali apa yang dimaksud dengan SEO, simak dibawah ini.

Apa Itu SEO Bagi Blog?



SEO adalah salah satu teknik yang sering menjadi perbincangan blogger dan para webmaster di berbagai forum. SEO merupakan salah satu teknik untuk melakukan optimasi blog agar dapat menempati halaman pertama mesin pencari, terutama Google.

Apa Yang Dimaksud Dengan SEO?
Search Engine Optimization (SEO) adalah optimasi mesin pencari, adalah teknik memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja halaman situs dengan menggunakan prosedur standar yang disesuaikan dengan karakteristik mesin pencari. Dengan melakukan optimasi halaman blog memiliki peluang yang cukup besar dapat tampil pada halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) Google, Yahoo, Bing, MSN, dll.

Apa Tujuan Utama SEO Bagi Blog?


Tujuan utama SEO adalah menempatkan suatu halaman blog pada posisi teratas (setidaknya berada pada halaman pertama mesin pencari). Hasil pencarian yang dilakukan oleh mesin pencari berdasarkan kriteria tertentu. Dengan menempati posisi teratas pada halaman pencari memiliki peluang yang sangat tinggi untuk mendapatkan pengunjung blog yang berlimpah.

Kunci sukses untuk mendapatkan jumlah pengunjung blog yang banyak adalah dengan melakukan optimasi mesin pencari atu lebih dikenal dengan SEO. Blog yang sukses adalah yang mampu menyajikan artikel bermutu, bermanfaat sehingga pengunjung dapat berlama-lama untuk membaca dan mengambil intisari dari apa yang telah dipublikasikan.

Teknik SEO untuk Blog



Untuk Belajar Dasar SEO ada dua istilah yang sering digunakan untuk melakukan optimasi, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Mungkin bagi anda akan terlihat rumit bila baru mengenal SEO dan BLOG. Untuk menjalankan optimasi mesin pencari yang baik harus memperhatikan dua hal dibawah ini.

1. Apa Itu SEO On Page
Pengertian SEO On Page adalah cara optimasi blog yang dilakukan dengan mengoptimalkan seluruh sisi dari blog itu sendiri. Dengan kata lain memanfaatkan beberapa alat yang ada, seperti menggunakan desain blog yang SEO Friendly, Responsive, dll. Namun yang perlu diperhatikan dalam melakukan SEO On Page adalah beberapa elemen dibawah ini:

  • Riset keywords, cara ini dilakukan untuk menemukan atau mengetahui kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
  • Membangun blog dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Menambahkan description yang relevan dengan blog (dengan kata lain membuat blog tentang tutorial blog tapi isinya kesehatan)
  • Membuat konten yang bermanfaat, mudah dipahami bagi pengunjung
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Mengatur navigasi website yang mudah untuk di rayapi mesin pencari dan memudahkan pengunjung
  • Membangun internal links yang baik
  • Menambahkan keywords pada penamaan gambar


2. Apa Itu SEO Off Page

Pengertian SEO Off Page adalah cara optimasi blog dengan menggunakan bantuan media luar. Lalu bagaimana caranya ? dengan cara membangun links (Backlinks) dari situs lain agar menuju blog milik kita. Dari banyaknya jenis backlinks yang biasa digunakan untuk membangun dan meningkatkan popularitas blog adalah sebagai berikut:

  • Backlinks dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, Tumblr, dll)
  • Backlinks dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dll)
  • Backlinks dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dll)
  • Backlinks dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dll)
  • Backlinks dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Backlinks dari website yang menerima guest blogger


Dua teknik SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik untuk mengoptimalkan kinerja situs agar dapat mencapai peringkat utama pada mesin pencari, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan pengunjung secara alami. Namun sebelum melakukan teknik seo buatlah artikel yang benar-benar dapat bermanfaat bagi pembaca.

Nah diatas adalah penjelasan tentang Apa yang dimaksud dengan SEO, lalu apa manfaatnya bagi blog ? apakah dengan melakukan optimasi mesin pencari dapat membuat blog menjadi lebih mudah dirayapi mesin pencari atau bahkan lebih dari itu, berikut manfaat yang didapatkan setelah melakukan optimasi SEO di BLOG.

Manfaat SEO Bagi Blog

1. Dapat Mendatangkan Trafik Pengunjung yang Banyak

Dengan memanfaatkan optimasi SEO yang benar maka secara tidak langsung akan berimbas pada blog itu sendiri salah satunya adalah trafik yang berlimpah. Kenapa saya katakan demikian karena dengan trafik yang banyak maka secara otomatis konten yang anda publikasikan menempati posisi teratas mesin pencari (SERP) atau setidaknya berada pada posisi halaman pertama search engine.

2. Menghemat Biaya

SEO adalah gratis itu yang harus dan perlu anda ketahui. Walaupun ada beberapa yang membuka jasa layanan tentang SEO. Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal alangkah baiknya gunakan optimasi SEO yang anda ketahui sehingga akan menjaga blog anda tetap baik dimata mesin pencari.

3. Bagi Seorang Internet Marketing dan Bisnis

Bagi seorang Internet Marketing dan bisnis dapat berpeluang besar meraih kesuksesan yaitu meraih keuntungan dan pendapatan yang meningkat.

Jadi SEO harus digunakan oleh setiap pemilik blog, selain dapat meningkatkan pengunjung blog juga mudah dirayapi oleh mesin pencari. Optimasi blog di mesin pencari adalah sebuah proses yang harus dilakukan secara berkala karena setiap waktu mesin pencari melakukan perubahan. Maka diperlukan perbaikan agar blog selalu dipercaya untuk menempati posisi halaman pertama mesin pencari.

Demikian penjelasan Pengertian SEO (Search Engine Optimization) Semoga dengan penjelasan diatas menjadi bermanfaat dan berguna sehingga dengan memanfaatkan SEO yang baik dapat mendapatkan hasil yang baik pula bagi blog yang kita miliki. Sekian.

0 comments:

Post a Comment

Perhatikan sebelum berkomentar di www.portalblogspot.net
1. NO SARA
2. NO SPAM
3. NO LINK ACTIVE