7/30/2017

Cara Memodifikasi Blog Tampil Keren

Cara Memodifikasi Blog Tampil Keren - Berhubung kini semakin marak para pengguna internet di Indonesia yang tertarik untuk membuat blog dan memodifikasi blog. Salah satu kegunaan blog atau situs adalah untuk menyebarkan dan memberikan pembelajaran yang bermanfaat pada para pengunjung, entah itu yang berhubungan dengan bisnis online, tips, adsense dan tutorial blogger seperti yang akan kita bahas kali ini cara memodifikasi blog biar nampak lebih keren di mata pengunjung.

Jika blog terlihat bagus maka kita harus melakukan modifikasi, menurut beberapa master blogger tampilan situs menjadi salah satu bagian penting karena akan berdampak pada betah atau tidak seorang pengunjung untuk menjelajahi dan membaca isi dari blog.

Mempercantik blog dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari merubah warna dan mengganti template blog dan lain-lain. Berikut beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk melakukan modifikasi blog

Cara Memodifikasi Blog Tampil Keren

1. GANTI MENJADI DOMAIN TLD (Top Level Domain)
Bagian ini mungkin sedikit banyak tidak diperhatikan, padahal blog akan semakin terlihat lebih professional kalau domain (alamat link / URL) juga lebih bagus dan mudah diingat. Nah pada tahap awal ini disarankan merubah domain blogspot anda (misal : googles-blogspots.blogspot.com) menjadi COM, NET, ORG, XYZ seperti portalblogspot.net dan lainnya. Mengapa demikian? Karena dengan melihat dan mengetahui alamat blog saja secara otomatis orang akan mudah mengingat dan mengetahui isi artikel yang dipublikasikan, bahwa blog tersebut dibuat dengan serius sehingga isi artikelnya juga paling tidak berbobot dan bisa dijadikan referensi, ini biasanya sudah bisa diputuskan oleh pengunjung saat pertama kali melihatnya di mesin pencari, apakah akan diklik untuk dikunjungi atau tidak, nah disinilah keuntungan yang sudah mempunyai blog dengan domain TLD. Tapi sebenarnya bukan cuma sampai disitu keunggulan dari blog dengan domain berbayar, masih banyak lagi.

2. MENGGANTI TEMPLATE BLOG
Mengganti template blog adalah salah satu bagian untuk membuat tampilan blog semakin cantik. Selain dapat mempercantik tampilan blog, yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan sebelum mengganti total template blog adalah Template yang SEO (search engine optimization). Lalu apa ciri template yang seo yang baik:

  • Memiliki struktur data yang lengkap,
  • Adanya tag heading yang jelas (H1,H2,H3 dan seterusnya),
  • Mobile friendly dan Loading cepat,
  • Layout yang bagus (ada judul, kontent sebelah kiri, widget sebelah kanan dan adanya footer)


Dengan mempertimbangkan beberapa ciri template seo diatas, dimana kita mendapatkannya? sebenarnya banyak situs yang menyediakan template seperti ciri-ciri diatas contohnya Kompiajaib.com dan Arlinadzgn.com, dan masih banyak yang lainnya.

Jika anda telah mengganti secara keseluruhan template blog dan masih belum cukup dengan hasilnya, anda dapat melakukan beberapa modifikasi lain seperti mengganti logo blog, mengganti popular post dan masih banyak yang lainnya. Pembahasan modifikasi blog yang lain simak kelanjutannya dibawah ini.

3. MODIFIKASI LOGO BLOG
Logo dianggap penting dalam melakukan modifikasi, sebab dengan adanya logo blog sebagai penanda identitas dan menjadi simbol pembeda dengan situs yang lain.

Selain itu logo juga berperan penting untuk memudahkan mesin pencari Google dalam melakukan perayapan, sebab dengan memberikan logo pada sebuah situs menjadi satu bagian dari optimasi seo. Lalu bagaimana cara memasang logo di blog? Berikut beberapa langkah yang dapat anda ikuti.

Buka akun blogger kemudian menuju pada bagian "Layout" kemudian pada bagian widget header klik "Edit" setelah itu pada bagian "Image" pilih "From your computer atau From the web. Paste an image URL " lalu klik tombol "Choose file" setelah sesuai terakhir klik "Save".


Andaikan anda kesulitan dalam menentukan logo blog yang keren dan belum menguasai teknik desain dapat menggunakan situs online yang menyediakan pembuatan logo secara gratis. Berikut beberapa situs penyedia layanan pembuatan logo gratis.

  • Logomaker.io
  • Onlinelogomaker.com
  • Thefreelogomakers.com
  • Logogenie.net
  • Logaster.com, dll


Itulah beberapa situs penyedia layanan membuat logo gratis, maaf jika tidak menyebutkan satu persatu karena masih banyak situs lain yang menyediakan layanan gratis tersebut.

4. MODIFIKASI FAVICON BLOG

Favicon (Favourite Icon) yang memiliki fungsi kurang lebih sama seperti logo blog, hanya saja favicon sendiri akan tampil pada browser (tab browser). Bagi anda yang menggunakan blogger pasti sudah mengetahuinya karena secara default blogger telah menyertakan logo favicon disetiap blog. Lalu bagaimana cara mengganti favicon bawaan blogger tersebut ? simak caranya dibawah ini.

Cara mengganti favicon blog hampir sama seperti mengganti logo blog yaitu klik menu "Layout" kemudian pada sebelah kanan pada widget favicon klik "Edit", setelah muncul halaman popup klik "Choose file" dan pilih gambar yang akan anda jadikan favicon blog anda yang tersimpan dikomputer, lalu klik "Save". Yang perlu diperhatikan sebelum mengganti favicon blog adalah gambar favicon anda usahakn berbentuk segiempat (kotak) dengan ukuran kecil (60X60 pixel) dan berformat dot ico.

Favicon blog yang telah dibuat sendiri kemudian ubah menjadi format icon dengan menggunakan situs online, berikut daftar converter online untuk membuat favicon.

  • Favicon.cs
  • Pic2icon.com
  • iConverticons.com, dll


5. MEMASANG MENU BLOG

Menu blog juga sangat penting, selain dapat mempercantik tampilan, menu pada blog dapat menjadi navigasi pengunjung dalam menjelajahi secara keseluruhan isi dari web itu sendiri. Secara umum menu memiliki arti sebagai tempat untuk menaruh link-link yang mengarah ke bagian halaman tertentu, seperti label blog, halaman privacy policy, halaman daftar isi, halaman kontak dan lain-lain..


*PENTING
Apabila anda telah terdaftar di Adsense sebagai penayang iklan alangkah baiknya jangan menggunakan jenis menu DROWDOWN sebab dapat dianggap melanggar TOS oleh Google.

7. MODIFIKASI POPULAR POST dan LABEL BLOG
Agar tampilan blog menjadi lebih keren selain mengganti logo blog adalah dengan melakukan modifikasi tampilan popular post dan label blog. Sebab dengan memodifikasi tampilan popular post dan label blog dapat menarik perhatian pengunjung sehingga pengunjung akan lebih berlama-lama diblog anda. Lalu bagaimana cara memodifikasi tampilan popular post dan label blog terlihat keren? simak beberapa langkah dibawah ini.

Cara Modifikasi Popular Post di Blog

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk modifikasi tampilan popular post adalah klik menu "Template" lalu pilih "Edit HTML" cari kode "]]></b:skin>" dengan menekan tombol keyboard CTRL+F kemudian sisipkan kode dibawah ini tepat diatas kode "]]></b:skin>". Setelah selesai klik "Save template" (tampilan popular post akan terlihat seperti blog ini)
.PopularPosts .item-thumbnail a img{height:80px;width:80px;display:block;margin:0;padding:0}
.popular-posts ul{counter-reset:popcount}
.popular-posts .item-snippet{display:none}
.popular-posts ul li:before{list-style-type:none;padding:.3em .6em;counter-increment:popcount;content:counter(popcount);font-size:14px;background:#999;color:#fff;position:absolute;right:0;margin-top:30px;font-weight:700;font-family:'Open Sans',Arial;float:left}
.PopularPosts .widget-content ul li:hover:before{background:#0288D1}
.PopularPosts .widget-content ul li{padding:6px 0!important;border-bottom:1px solid #eee}
.PopularPosts .item-title{font-weight:700;font-size:13px}
.PopularPosts .item-snippet{display:none}

Cara Modifikasi Label Blog di Blogspot

Langkah awal sebelum melakukan modifikasi label blog, terlebih dahulu pada bagian widget label ubah menjadi seperti gambar dibawah ini, caranya dengan klik menu "Layout" kemudian klik "Edit" pada widget label, setelah selesai klik "Save". Lalu lanjutkan klik "Save arrangement".


Setelah melakukan perubahan seperti gambar diatas, lanjutkan dengan mengganti kode yang ada pada template blog dengan cara  klik menu "Template" lalu pilih "Edit HTML" cari kode "]]></b:skin>" dengan menekan tombol keyboard CTRL+F kemudian sisipkan kode dibawah ini tepat diatas kode "]]></b:skin>". Setelah selesai klik "Save template" (tampilan akan terlihat seperti blog ini)
.label-size-1,.label-size-2,.label-size-3,.label-size-4,.label-size-5{font-size:100%;filter:alpha(100);opacity:10}
.cloud-label-widget-content{text-align:left}
.label-size{display:block;float:left;font-family:'Open Sans',sans-serif;margin:0 3px 3px 0;font-size:11px;text-transform:uppercase;font-weight:700;transition:all .3s ease-in-out}
.label-size a,.label-size span{background:#fff;box-shadow:2px 1px 8px rgba(0,0,0,0.15);display:inline-block;color:#3599e7;font-size:12px;padding:8px;border-left:3px solid #3599e7!important;border:1px solid #3599e7}
.label-size a:hover{background:#3599e7;box-shadow:1px 10px 20px rgba(0,0,0,0.15);color:#fff}
.label-count{white-space:nowrap;padding-right:3px;margin-left:-3px}.label-size{line-height:1.2}

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan modifikasi blog agar terlihat keren di mata pengunjung. Keuntungan yang di dapat dengan mempercantik tampilan adalah dapat membuat betah pengunjung dan meningkatkan pageview blog itu sendiri.

Demikianlah Cara Modifikasi Blog Tampil Keren dan Cantik, semoga dengan melakukan perubahan pada tampilan dapat membuat pengunjung blog anda lebih berlama-lama dan meningkatkan jumlah pageview.