6/06/2018

6 Tools Online Untuk Mencari Long Tail Keywords

Long Tail Keywords adalah sebuah kata kunci yang yang panjang. Pada dasarnya kata kunci panjang paling banyak digunakan dalam sebuah website atau blog dan memiliki tingkat persaingan yang rendah, serta tepat sasaran dalam artian sesuai dengan apa yang dicari oleh audiens atau pengunjung.

Keywords seperti ini biasanya memiliki tingkat pencarian yang kecil namun biasanya memiliki profit yang begitu besar atau dapat dikatakan memiliki CPC yang tinggi.

Jika Anda tidak akrab dengan kata kunci ekor panjang, berikut ini contoh singkat tentang perbedaan antara kata kunci ekor pendek (short tail keywords) dan ekor panjang (long tail):

  • Kata Kunci Ekor Panjang (Ex. Kata kunci ekor pendek) - Pencarian Bulanan 50
  • Kata kunci ekor panjang vs kata kunci ekor pendek (Ex. Of LTK) - Pencarian bulanan 12
  • tingkat konversi kata kunci ekor panjang (Ex of LTK) - Pencarian Bulanan 13

Misalnya seperti dibawah ini.
Kata kunci pendek = Blog
Kata Kunci Panjang = Cara Membuat Blog Terbaru

Jika anda disuruh untuk memilih diatara kedua kata kunci diatas pasti memilih kata kunci yang kedua, sebab dengan memilih kata kunci yang kedua memiliki tingkat klik yang lebih tinggi. Selain itu tingkat persaingan yang sedikit dan dapat memberikan peluang untuk mendapatkan pengunjung juga sangat terbuka lebar.

Anda mungkin memperhatikan bahwa satu kata kunci terakhir memiliki lebih sedikit pencarian, tetapi persaingan untuk kedua kata kunci ini jauh lebih sedikit daripada kata kunci berekor pendek. Juga, kata kunci ekor panjang mendorong lebih banyak lalu lintas bertarget daripada kata kunci short-tail, jadi konversi Anda (penjualan, pendaftaran email) meningkatkan banyak hal. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang subjek ini, periksa berapa lama kata kunci ekor dapat menyamai keberhasilan besar.

Dalam posting ini saya berbagi beberapa tools online terbaik untuk mencari Long Tail Keywords. Perhatikan bahwa beberapa di antaranya gratis, dan beberapa di antaranya dibayar. Saya akan menjelaskan fitur masing-masing, dan Anda dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tools Online Terbaik untuk Mencari Long Tail Keywords


1. SEMRUSH
Ini adalah alat yang digunakan semua orang blogger sebagai alat SEO lengkap. SEMRUSH adalah alat SEO terbaik pertama yang pernah dibangun untuk menemukan kata kunci yang pesaing Anda rangking. Tidak seperti penelitian kata kunci tradisional, SEMRUSH mengambil pekerjaan menebak & membantu Anda dengan cepat menemukan kata kunci ekor panjang dari situs web apa pun. Jika Anda mencari satu alat yang sempurna untuk penelitian kata kunci panjang, tidak perlu mencari lebih jauh daripada SEMRUSH.

2. KWFinder
Ini adalah salah satu tools mencari long tail keywords kedua yang juga dapat digunakan untuk mencari Kata Kunci. Namun, jenis fitur & fungsi yang ditawarkan KWfinder, tentu saja ini adalah salah satu alat terbaik di luar sana. KWfinder menyediakan semua data penting tentang kata kunci termasuk tingkat kesulitan untuk membantu Anda menemukan kata kunci ekor panjang yang mudah untuk peringkat.

3. Google Auto Complete Tools
Fitur saran otomatis pencarian Google adalah tools terbaik berikutnya untuk menemukan kata kunci panjang (Long Tail Keywords). Ini adalah fitur yang berguna dari Google, yang akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah menemukan kata kunci ekor panjang di setiap ceruk. Google secara otomatis mengisi kata kunci (istilah pencarian) berdasarkan popularitas. Yang perlu Anda lakukan adalah mulai mengetik kata kunci pertama Anda, dan pilih opsi dari saran otomatis. Anda perlu menggunakan alat kata kunci lain untuk melihat detail tambahan seperti jumlah pencarian, BPK, kompetisi, dan informasi penting lainnya.

4. Google Auto-suggest
Ini adalah alat yang dapat digunakan untuk menemukan dan mengambil fitur default dari saran otomatis Google ke tingkat berikutnya. Dengan alat gratis ini Anda dapat dengan mudah menemukan semua kata kunci yang disarankan secara otomatis, dan ini akan memungkinkan Anda untuk mengunduh kata kunci dalam format .csv. Anda kemudian dapat menggunakan salah satu alat riset kata kunci favorit Anda untuk memeriksa detail penting lainnya tentang kata kunci. Jika Anda menggunakan pencarian Google untuk mencari kata kunci berekor panjang, saya sangat menyarankan Anda untuk beralih ke kata kunci ini.

5. WordTracker Keyword Tool
WordTracker adalah alat kata kunci SEO yang populer. Menggunakan Tool Kata Kunci WordTracker Anda dapat dengan mudah menemukan kata kunci berekor panjang yang menguntungkan bersama dengan rincian penting seperti pencarian, persaingan, IAAT (kata kunci dalam jangkar dan teks) dan KEI (indeks efektivitas kata kunci). Dengan akun konfirmasi gratis, Anda akan bisa mendapatkan 100 hasil kata kunci. Saya benar-benar menemukan alat ini menjadi sangat efektif, karena Anda dapat dengan mudah menemukan ide-ide topik jangka panjang. Berikut ini screenshot dari alat ini digunakan, untuk memberi Anda ide yang lebih baik:

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengambil uji coba gratis 7 hari untuk mendapatkan fitur lanjutan seperti:
  • Kemampuan untuk melihat 2.000 hasil pencarian
  • Pilihan untuk menggunakan alat pencarian terkait (ini sangat berguna)
  • Akses ke data mesin pencari menggunakan SEMRUSH
  • Opsi untuk menyimpan daftar Anda
  • Opsi untuk mendapatkan detail lainnya seperti detail kompetisi dan KEI

6. Answer The Public
Tools mencari Long Tail Keywords yang terakhir adalah Answer The Public, ini adalah salah satu alat bantu penelitian kata kunci panjang yang menurut saya dapat anda gunakan. Yang satu ini berada di garis Ubersuggest tetapi menawarkan satu proposisi unik. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mencari Kata Kunci apa saja dan itu akan menunjukkan kepada Anda pertanyaan umum yang ditanyakan seputar "Kata Kunci" "Topik" di mesin pencari.

Itulah beberapa tools untuk mencari Long Tail Keywords terbaik yang dapat anda gunakan.

Setelah menadapatkan kata kunci yang anda inginkan adalah dengan enyusun kata kunci tersebut supaya dapat menarik pengunjung dan mengisi dengan konten yang berkualitas.

Kuncinya adalah dengan menulis konten dan menargetkan pengguna Anda, kemudian dilanjutkan dengan mengoptimalkan hal-hal lain seperti judul, deskripsi meta, kepadatan kata kunci dan LSI, supaya artikel yang telah anda tulis layak untuk menempati rangking teratas mesin pencari.

Demikian Tools Terbaik untuk Mencari Long Tail Keywords, semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat tingkat pencarian setiap artikel yang anda tulis di mesin pencari menjadi terbuka lebar dan mendapatkan rangking teratas.