5/21/2020

Optimasi SEO Title, Description, Heading Tag

Optimasi SEO Blog di Blogger sebetulnya tidaklah serumit yang anda banyangkan. Memaksimalkan SEO dapat dilakukan dengan banyak cara, yaitu dengan mengoptimalkan SEO On Page. Cara ini pernah saya tulis dalam artikel Apa Itu SEO Bagi Blog ? SEO (Search Engine Optimization) salah satu faktor penting untuk mendapatkan rangking dihalaman pertama mesin pencari.

Dengan menerapkan optimasi SEO blog yang benar dapat membuat blog berada pada rangking pertama mesin pencari. Namun perlu diperhatikan bahwa jangan pernah melakukan optimasi SEO yang berlebihan karena akan berdampak buruk bagi blog itu sendiri.

Pada kesempatan kali saya selaku admin portalblogspot.net akan berbagi tentang cara optimasi SEO di Blogger. Mengoptimalkan SEO sebenarnya sangat mudah salah satunya dengan memberikan penekanan pada suatu kata, contohnya memberikan cetak tebal pada salah satu kata kunci yang ada dan mengulang kata kunci setiap menulis konten.

Dengan mengulang kata kunci dan memberikan penekanan pada setiap kata yang penting belum tentu memberikan efek lebih bagi blog. Lalu apa lagi yang perlu ditambahkan ? yang perlu ditambahkan agar lebih SEO adalah dengan memberikan Title Tag, Description Tag dan Heading Tag.

Dengan menambahkan 3 hal tersebut mesin pencari akan memberikan nilai plus sehingga kemungkinan untuk menempati rangking pertama pada search engine akan semakin terbuka lebar. Lalu bagaimana cara membuat Title Tag, Description Tag dan Heading Tag agar SEO ?

Optimasi SEO Title, Description, Heading Tag


1. Optimasi SEO "Membuat Title Tag"
Membuat title tag sangat mudah,yaitu buka template blog anda dan pastikan telah ada kode seperti dibawah ini.
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Bila kode seperti diatas telah ada, pastikan bahwa setiap membuat artikel perhatikan beberapa hal dibawah ini agar optimasi seo yang anda terapkan selama ini tidak sia-sia

  • Pastikan judul memuat kata kunci
  • Jangan membuat judul artikel yang lebih dari 10 kata


2. Optimasi SEO "Membuat Meta Description"
Untuk membuat meta description pada blogspot anda harus mengaktifkannya dahulu, karena secara default setiap anda selesai membuat blog Meta Description tidak serta merta aktif. Berikut caranya, pilih menu Setting > Search Preferences kemudian pada Meta Tags - Description pilih Yes dan isikan deskripsi blog anda dan jangan sampai lebih dari 150 karakter. Setelah selesai klik Save Changes.

Dengan mengaktifkan Meta Descriptions tersebut secara otomatis setiap anda membuat artikel akan terdapat menu untuk menambahkan deskripsi disetiap artikel, yaitu Search Description.

Hal terpenting dalam membuat meta deskripsi adalah menyertakan kata-kata yang mengandung kata kunci dan Long Tail Keyword sebanyak mungkin. Dengan kata lain apabila kata kunci yang anda bidik tidak dapat dituliskan semua pada judul blog, maka tuliskan pada meta deskripsi.

3. Optimasi SEO "Membuat Heading Tag"
Membuat Heading Tag berbeda dengan membuat title tag dan meta deskripsi karena heading tag terletak pada body blog.

Sebenarnya setiap anda membuat artikel sudah ada tool yang telah disediakan oleh blogger untuk membuat heading disetiap artikel dari H2, H3 dan H4.

Ada beberapa aturan yang harus dipenuhi agar optimasi seo di blogger berjalan dengan benar.

  1. H1 adalah yang paling penting karena Heading1 biasanya memuat judul blog dan judul artikel disetiap blog.
  2. H1 cuma boleh ada 1 untuk setiap halaman dan WAJIB ADA, sedangkan H2-H6 boleh lebih dari satu.
  3. Pastikan bahwa setiap heading yang ada memuat kata kunci (berlaku bagi Heading1)
  4. Jangan terlalu banyak pengulangan kata-kata yang sama dalam satu heading tag karena akan berpengaruh pada kualitas seo.
  5. Setiap Judul Postingan yang penting pastikan dimuat dalam Heading2.


Demikian Optimasi SEO di Blogger, semoga dengan beberapa cara mengoptimalkan seo diatas dapat membuat blog anda semakin dipercaya mesin pencari dan dapat menempati peringkat pertama. Untuk itu jangan pernah melakukan optimasi seo yang berlebihan.