1/16/2017

4 Tools Gratis untuk Cek Kecepatan Loading Blog

Tools Gratis untuk Cek Kecepatan Loading Blog - Perlu lita ketahui bersama bahwa kecepatan blog saat ini menjadi salah satu hal paling penting dalam mengelola blog, sebab blog yang lambat ketika dibuka oleh pengguna di perangkat seluler dan dekstop akan berdampak pada pengunjung dan penghasilan yang menurun. Dengan mengetahui kecepatan loading blog, maka anda bisa mengetahui apa saja penyebab hilangnya pageview di blog. Sebenarnya kecepatan loading blog juga tergantung dengan koneksi internet di tempat anda masing-masing, tapi anda juga harus tahu juga bahwa tidak semua lokasi di Indonesia memiliki kecepatan internet yang sama.

Jika salah satu pengunjung memiliki koneksi internet yang besar dan cepat, maka akan cepat pula waktu yang dibutuhkan untuk muat halaman suatu blog. Sedangkan, apabila ada pengunjung lain memiliki koneksi internet yang bisa dikatakan lambat atau lola maka pastinya di butuhkan waktu yang lebih lama untuk memuat halaman blog.

Sebagai contoh sebenarnya blog kita mendapat pageview banyak dalam setiap harinya. Tapi karena loading blog kita berat dan lambat, maka pageview tersebut banyak yang hilang. Misalnya, 100 visitor unik perhari biasanya mendapat 250-300 PV, tetapi kita hanya mendapatkan 125-150 PV saja. Hal ini bukan tidak mungkin disebabkan karena loading blog yang sangat lambat.

Maka dari itu kita harus dapat mengetahui seberapa cepat kecepatan loading blog yang kita miliki, hanya dengan menggunakan 4 tools gratis ini anda dapat mengetahui seberapa cepat blog milik anda.

4 Tools Gratis untuk Cek Kecepatan Loading Blog


1. SUCURI Load Time Tester
Ini adalah salah satu website yang meyediakan alat pengujian tes loading blog dari beberapa negara pada waktu yang sama.

Salah satu aspek yang paling penting di sini adalah: "Waktu untuk byte pertama" yang memberitahu kita berapa lama waktu untuk konten yang akan dikirim kembali ke browser sebelum mulai memproses halaman.



2. GTMetrix
Situs ini secara tidak langsung melakukan analisis di setiap halaman Blog Anda dan merekomendasikan perubahan yang sangat signifikan dan harus anda terapkan jika Anda ingin meningkatkan kinerja dan kecepatan loading diblog Anda.



Dari hasil tes diatas blog milik saya portalblogspot pada YSlow Score mendapatkan nilai C dengan demikian harus dibenahi agar dapat mendapatkan nilai yang bagus, dan dapat berdampak pada pengunjung blog.

3. Pingdom
Ini adalah situs besar lain yang dapat membantu Anda memeriksa waktu loading halaman blog dan memberi solusi bagaimana cara meningkatkan kinerja secara keseluruhan pada blog milik Anda. Dengan begitu hasil dari tes tersebut dapat memberikan hasil yang sesuai yang Anda butuhkan, dengan berbagai parameter seperti Leverage browser caching dan sebagainya.

Salah satu hal besar mengenai Pingdom itu akan memberi Anda gambaran tentang perspektif bagaimana kecepatan loading halaman blog milik Anda telah mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Selain itu juga Anda dapat memilih melakukan pengecekan situs melalui beberapa tempat yang telah disediakan, seperti Dallas, Melbaurne dan lain sebagainnya.



4. WebPageTest
WebPageTest adalah alat lain yang populer untuk menguji waktu kecepatan loading dan kinerja blog Anda. Bagian dari tools gratis yang disediakan oleh situs ini adalah menawarkan berbagai browser untuk menguji kecepatan loading blog Anda.

Selain itu anda dapat menentukan lokasi pengetesan dengan memilih lokasi yang telah disediakan seperti berlokasi di North America, Europe, Asia dan Oceania.


Keempat tools gratis diatas dapat memberikan informasi yang berguna tentang waktu loading keseluruhan halaman blog dan dapat memberitahukan kepada Anda bagian blog mana saja yang harus ditingkatkan agar sesuai yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat mengetahui seberapa cepat loading blog milik anda dengan menggunakan alat yang telah disediakan oleh Google yaitu PageSpeed Insights

** Catatan
Jangan terlalu terobsesi dengan kecepatan blog yang anda miliki, hanya saja saran saya adalah cobalah untuk membuat kecepatan blog anda dibawah 2-3 detik dan pastikan bahwa blog atau website milik Anda memiliki versi Mobile.

Demikian 4 tools gratis untuk cek kecepatan loading blog, semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda.

0 comments:

Post a Comment

Perhatikan sebelum berkomentar di www.portalblogspot.net
1. NO SARA
2. NO SPAM
3. NO LINK ACTIVE