1/16/2017

Arti Backlink Nofollow dan Dofollow

Backlink Nofollow dan Dofollow - Backlink dalam sebuah blog sangat penting dibutuhkan karena untuk mendapatkan posisi pada SERp. Backlink adalah sebuah link yang terpasang pada blog dan apabila diklik akan mengarah pada blog milik kita. Bila berbicara mengenai backlink yang harus diperhatikan adalah jumlah backlink, kualitas backlink dan sumber backlink.

Link dari sebuah halaman blog lain yang menuju ke halaman blog milik kita juga dapat disebut dengan backlink, dengan kata lain dapat diartikan sebagai inbound link atau link masuk. Secara umum baik link atau backlink dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu Nofollow dan Dofollow.

Arti Backlink Nofollow dan Dofollow


Backlink Nofollow adalah atribut link HTML yang telah tertanam pada blog untuk memberitahukan pada Search Engine bahwa link tersebut bersifat nofollow, artinya tidak memberikan nilai atau dapat mempengaruhi peringkat di mesin pencari. Dengan adanya link nofollow dapat membantu mengurangi berbagai aktifitas spam serta dapat mencegah pengindexan spam. Hal ini pernah diutarakan oleh Mutt Cutts pada tahun 2005 yang lalu.

Contoh Backlink Nofollow
<a href="https://www.portalblogspot.net/" rel="nofollow">Portal Blogspot</a>

Backlink Dofollow adalah merupakan backlink yang memungkinkan Search Engine Google atau Search Engine lainnya untuk dapat merayapi dan melakukan gindex link tersebut. Dengan adanya Backlink Dofollow dapat memberikan dampak yang baik bagi blog milik kita karena bukan hanya user melainkan Search Engine juga dapat merayapi backlink tersebut. Dengan memanfaatkan Backlink Dofollow yang baik merupakan cara untuk meningkatkan kata kunci artikel atau halaman home website kita.

Contoh Backlink Dofollow
<a href="https://www.portalblogspot.net/">Portal Blogspot</a>

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow


Dari pengertian diatas sudah jelas dan secara gamblang diulas mengenai perbedaan kedua jenis backlink tersebut, mulai dari struktur penulisan dan manfaatnya terhadap blog.

Link Dofollow di blog sebenarnya bersifat default, dalam artian setiap Anda ingin membuat sebuah backlink dofollow tidak perlu melakukan apa-apa karena secara otomatis telah bersifat dofollow.

Link Nofollow sedikit berbeda apabila ingin ditanamkan pada sebuah blog, sebab link jenis ini nantinya tidak akan dicrawl atau ditelusuri oleh mesin pencari.Untuk membuatnya di blogspot sangat mudah, yaitu dengan cara memasukkan link seperti biasa kemudian yang perlu diperhatikan adalah memberikan tanda centang pada tulisan add 'rel=nofollow' attribute yang ada di bagian akhir.

Cara Membuat Backlink Nofollow di Blog



Menurut saya sumber backlink ini sangat cocok diberikan kepada situs affiliate yang kita tautkan ke dalam artikel. Apabila kita terlalu banyak memberikan link keluar atau Outbound Link akan dianggap spam oleh Google dan dapat berdampak buruk bagi SEO Blog.

Dalam menerapkan jenis link Dofollow dan Nofollow sebenarnya adalah ilmu dasar dari teknik SEO yang banyak diterapkan para blogger. Jadi lebih baik menerapkan link nofollow didalam blog untuk membantu meningkatkan peringkat blog dimesin pencari Google.

Demikian arti backlink nofollow dan dofollow, semoga berguna dan bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Perhatikan sebelum berkomentar di www.portalblogspot.net
1. NO SARA
2. NO SPAM
3. NO LINK ACTIVE