1/26/2018

Wajah Baru Google Search Console 2018 (Beta Version)

Google Search Console 2018 - Belum lama ini Google kembali melakukan update besar-besaran untuk blogger. Blogger memberikan update HTTP ke HTTPS bagi mereka yang telah melakukan custome domain TLD, kemudian di lanjutkan dengan pembaharuan pada Webmaster Tools atau Google Search Console. Mau tau lebih jauh, silahkan lanjutkan baca ya guys.

Apa Itu Google Search Console



Google search console adalah salah satu layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu para blogger supaya dapat memantau blog mereka di mesin pencari Google. Namun, sebelumnya anda harus submit blog dan verifikasi di Google Search Console.

Dengan melakukan submit blog, blog anda akan terindex oleh mesin pencari dan dapat bersaing dengan blog lain.

Google Search Console 2018


Wajab baru Google Search Console kali ini telah diluncurkan dengan versi BETA, hanya pengguna yang telah mendapatkan notifikasi saja yang dapat menguji dan mencoba tampilan terbaru ini.

Dalam kesempatan kali ini blog saya portalblogspot.net juga sudah mendapatkan update tersebut. Lalu apa saja yang berubah?

Search Performance
Search peformance menyediakan informasi yang lebih lengkap dari sebelumnya, yang memungkinkan seorang blogger dapat melakukan analisa blog dan melakukan perbandingan setiap bulan dan tahun.




Index Coverage
Index Coverage memberikan laporan tentang index status dan pelacakan issue, kemudian memberikan peringatan kepada pengguna apabila ada URL blog tidak ter-index dengan baik. Pengguna atau pemilik blog akan diberitahu kenapa URL tidak dapat ter-index oleh mesin pencari.




Seperti anda ketahui bersama selain meluncurkan Google Search Console baru ini, Google juga menyarankan bagi para pemilik situs untuk beralih ke AMP. Sebab mulai pertengahan tahun 2018 antara bulan juni dan juli 2018 google kembali akan melakukan perubahan pada sistem pencarian mobile dimana sistem peringkat pencarian melalui mobile akan didasarkan dengan menggunakan site speed, jadi situs atau blog yang memiliki kecepatan rendah dapat terlempar dari halaman pertama google.

Demikian Google Search Console 2018 (Beta Version), semoga anda telah mendapatkan fitur baru ini. Jika anda penasaran dapat anda baca melalui situs resmi Google Webmaster Blog.