2/20/2018

Cara Mengatasi Error Index Coverage di Webmaster Tools

Cara Mengatasi Error Index Coverage - Belum lama ini Google selaku pemilik Search Engine terbesar didunia kembali melakukan update secara besar-besaran salah satunya adalah dengan memperbaharui Tampilan Google Search Console atau yang biasa kita sebut Webmaster Tools.

Dengan adanya pembaharuan fitur pada webmaster goole, beberapa diantara pemilik blog mengalami masalah tentang index di blog mereka, salah satunya adalah Error Index Coverage. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jika anda pemilik blog dan pernah mendapatkan email seperti dibawah ini, berarti blog anda sedang mengalami permasalahan pada index. Email ini saya dapatkan ketika salah satu blog saya mengalami permasalah peng-index-an pada webmaster google.

New Index coverage issue detected for site https://www.songs-lyrics.xyz/
To owner of https://www.songs-lyrics.xyz/,
Search Console has identified that your site is affected by 1 new Index coverage related issue. This means that Index coverage may be negatively affected in Google Search results. We encourage you to fix this issue.
New issue found:
Indexed, though blocked by robots.txt
 Email pemberitahuan tersebut saya dapatkan pada tanggal 14 Februari 2018, yang intinya Google memberitahukan kepada saya bahwa telah terjadi kesalahan pada index blog milik saya. Lalu bagaimana cara mengatasi error index coverage di webmaster tools google?

Cara Mengatasi Error Index Coverage di Webmaster Tools

Setelah saya telusuri ternyata pada bagian robot.txt di blog saya terjadi pemblokiran yang menyebapkan terjadinya error tersebut, kemudian saya memperbaikinya dengan menghilangkan beberapa kode yang memblokir perayapan, yaitu dengan mengganti kode "Disallow: /search" dengan "Disallow: /" seperti dibawah ini settingan robot.txt yang menyebapkan terjadinya kesalahan pada blog saya.
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.songs-lyrics.xyz/sitemap.xml

Kemudian saya ganti menjadi yang seperti dibawah ini,
User-agent: *
Disallow: /
Allow: /
Sitemap: https://www.songs-lyrics.xyz/sitemap.xml

Dengan begitu setelah seminggu saya kembali melakukan pengecekan pada webmaster tools apakah masih terjadi kesalahan pada Index Coverage, dan hasilnya sangat menggembirakan seperti gambar dibawah ini.


Maka dapat diambil kesimpulan dari kejadian error diatas menyatakan bahwa pada bagian "/search" yang menyebapkan terjadinya error index coverage sehingga tidak akan ter-index oleh mesin pencari, walaupun hal tersebut dapat anda abaikan, sebab hal tersebut tidak berdampak apa-apa terhadap blog anda. Maka jangan panik jika terjadi Error Index Coverage di webmaster tools anda.

Kalau anda ingin tau lebih lanjut tentang index coverage status dapat anda kunjungi laman resmi google : Index Coverage status Report.

Demikian Cara Mengatasi Error Index Coverage di Webmaster Tools, semoga dapat memberikan pelajaran dan bermanfaat bagi anda. Sekian dan Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Perhatikan sebelum berkomentar di www.portalblogspot.net
1. NO SARA
2. NO SPAM
3. NO LINK ACTIVE