5/21/2020

Tools SEO Blog Gratis Untuk Pemula

Tools SEO Gratis Untuk Optimasi Blog - Bila kita belajar SEO harus mengetahui apa saja tools yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi blog. Sebab optimasi seo blog sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas konten menjadi lebih baik di mata mesin pencari, terutama Google. Dengan memiliki konten yang baik dihalaman mesin pencari peluang untuk menghasilkan uang dari internet terbuka lebar.

Untuk menunjang optimasi blog dibutuhkan sebuah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja SEO (Search Engine Optimization) setiap blog. Tools SEO yang tersebar di internet banyak yang gratis, sebab alat-alat tersebut dapat digunakan untuk mencari kata kunci, melihat kinerja blog dan mengetahui persaingan kata kunci, dan lain-lain.

Nah, langsung saja berikut ini portalblogspot.net merangkum beberapa tools seo gratis yang dapat digunakan dengan mudah.

Tools SEO Gratis Untuk Optimasi BLOG


GOOGLE WEBMASTER TOOLS

Jadi untuk melakukan optimasi seo yang pertama kali dilakukan adalah dengan mendaftarkan blog ke mesin pencari google. Lalu bagaimana caranya? dengan mendaftarkan blog melalui Google Webmaster Tools. Caranya dengan mengunjungi halaman berikut ini

https://www.google.com/webmasters/tools/

Dalam perkembangannya google terus melakukan beberapa perubahan salah satunya dengan Menghapus Content Keyword di Webmaster Tools, namun dengan menghilangnya alat tersebut tidak memperngaruhi optimasi seo yang sebelumnya telah anda lakukan.

Lalu apa keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan webmaster tools untuk seo.

  • Dapat membantu dalam hal SEO yaitu dengan menggunakan fitur "Search Analytic" untuk mengoptimalkan seo, karena dengan fitur tersebut dapat digunakan untuk melihat kata kunci yang dicari oleh pengunjung, CTR, impresi, dan posisi artikel di mesin pencari,
  • Dapat digunakan untuk mengetahui dan memonitor jumlah baclink,
  • Mengetahui seberapa jauh kemungkinan kesalahan yang ada dalam sebuah blog, seperti artikel yang belum ter-index mesin pencari,


Mungkin dari sekian yang saya jelaskan diatas masih ada beberapa yang belum ada, namun itulah keuntungan yang kita dapatkan agar blog dapat bersaing di SERP setelah menggunakan webmaster tools.

SEOQUAKE



Selain google yang memiliki alat gratis untuk seo ada situs yang menawarkan alat untuk mempermudah seorang webmaster dalam melakukan optimasi blog salah satunya adalah SEOQUAKE. Namun yang ini berbeda karena alat ini berbentuk addons alias aplikasi yang dapat diinstall di web browser semacam firefox dan chrome.

Alat ini sangat banyak kegunaannya sebab memberikan begitu banyak parameter sehingga untuk melihat perkembangan website yang kita kelola semakin mudah.

Dengan menggunakan alat seoquake anda dapat melakukan analisa SEO On Page yang sebelumnya telah diterapkan di blog. Anda bisa mempergunakan analisa tersebut untuk melihat title, description dan heading tag. Baca diartikel saya sebelumnya tentang Cara Optimasi SEO Title, Description dan Heading Tag.

GOOGLE KEYWORD PLANNER



Sebelum menggunakan alat ini anda harus login terlebih dahulu ke akun google dan melakukan pendaftaran ke GOOGLE ADWORDS. Tools ini dapat digunakan untuk mencari kata kunci yang memiliki potensi traffik tinggi, sedang dan rendah.

Banyak keuntungan yang didapatkan apabila menggunakan Google Keyword Planner:

  1. Kata kunci yang didapatkan langsung dari google dengan arti data yang didapatkan lebih dapat diandalkan dari pada dari pihak ketiga.
  2. Besar kemungkinan kata kunci yang didapatkan bila melakukan SEO lokal akan lebih tertarget dan mendapatkan visitor lebih banyak.
  3. Kata kunci yang didapatkan dapat dikelompokkan sehingga setiap kata kata kunci yang dicari akan memiliki turunan.
  4. Dapat mengetahui seberapa jauh kata kunci yang dicari memiliki tingkat pencarian (dalam angka).


Beberapa tools seo gratis diatas dapat anda gunakan semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan setiap halaman blog anda. Terkadang kita sebagai pemula binggung memanfaatkan semuanya, namun yang paling penting anda lakukan adalah melakukan percobaan. Tanpa melakukan eksperimen akan sulit untuk mengambil kesimpulan dan manfaatkan sebaik-baiknya mumpung masih 100% gratis.

Demikian beberapa Tools SEO Gratis yang dapat anda gunakan, semoga artikel ini menjadi bermanfaat dan berguna. Sekian dan terimakasih.