4/17/2018

Cara Menghilangkan Tanggal Posting di SERPs

Cara Menghilangkan Tanggal Posting di SERPs telah banyak dilakukan oleh para pemilik blog dengan alasan untuk meningkatkan pengunjung organik dan salah satu upaya dalam optimasi seo. Namun apakah benar demikian? Maka akan saya ulas melalui artikel ini.

Lalu apa hubungannya antara menyembunyikan tanggal postingan di SERPs google dengan meningkatkan pengunjung organik?, walaupun sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan pengunjung organik selain menyembunyikan tanggal postingan artikel. Tanggal posting sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung organik disebabkan jika tanggal posting masih terlihat dihasil pencarian google, peluang pengunjung untuk mengunjungi dan membuka blog kita akan sedikit berkurang.

Sering kali kita jumpai hasil pencarian selain menampilkan judul artikel dan descripsi artikel relevan juga akan menampilkan tanggal posting artikel tersebut, jika diamati secara seksama anda akan mendapatkan hasil pencarian yang mengandung tanggal posting dan juga tidak menampilkan tanggal posting, sepertinya untuk beberapa blogger mereka lebih memilih menghilangkan tanggal postingan bukan tanpa alasan, itu disebabkan biar pengunjung menganggap artikel memiliki tanggal posting yang baru, dengan begitu peluang untuk mendapat pengunjung organik sama besarnya dengan artikel blog lain yang dianggap baru, dan ini akan meningkatkan visitor blog organik menjadi lebih baik.

Justru dengan cara menghilangkan tanggal postingan di blogspot dapat membuat artikel lebih SEO, walaupun sebenarnya pihak google tidak pernah menyarankan untuk menghilangkan tanggal dan tahun di postingan, bahkan ketika anda mencoba melakukan hal tersebut akan menunjukkan kesalahan, disaat melakukan pengecekan struktur data pada setiap artikel dengan menggunakan Structured Data Testing Tool dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.



Lalu bagaimana cara menghilangkan tanggal postingan di hasil pencarian Google?

Cara Menghilangkan Tanggal Posting di SERPs Google


Untuk dapat menyembunyikan tanggal postingan di blog, khususnya blogspot dapat memanfaatkan widget yang ada pada akun blogger anda, langkah-langkahnya dapat anda ikuti dibawah ini:

#Langkah 1
Masuk ke akun blogger anda, kemudian pilih menu "Tata Letak (Layout)",

#Langkah 2
Pada area widget postingan (seperti gambar dibawah ini) tekan "Edit".




#Langkah 3
Kemudian anda akan disuguhkan tampilah seperti dibawah ini. Kemudian lanjutkan dengan menghilangkan pada bagian yang telah saya beri tanda kotak merah, atau dapat anda hilangkan semua dan hanya menyisakan centang pada Posted by.




#Langkah 4
Simpan

Sampai pada tahap ini anda telah berhasil menyembunyikan tanggal postingan blog biar tidak tampil pada mesin pencari Google. Untuk dapat mengetahui hasilnya anda harus bersabar, sebab google bot akan melakukan index ulang terhadap seluruh artikel yang telah anda buat.

Apabila sebelumnya pada bagian struktur data blog anda masih eror walaupun belum melakukan apa-apa seperti saya lakukan diatas, anda dapat memperbaikinya dan saya pernah menuliskannya pada Cara Mengatasi Error Struktur Data Blog.

Jadi dengan menghilangkan tanggal dan tahun postingan di blogspot tidak akan mempengaruhi kesehatan situs, sehingga jika terjadi banyak error abaikan saja, sebab hal tersebut tidak akan berpengaruh signifikan terhadap optimasi SEO yang pernah anda jalankan sebelumnya.

Nah, demikianlah cara menghilangkan tanggal postingan di SERPs Google, semoga bermanfaat dan berguna, jika anda sebelumnya belum berhasil dapat menggunakan trik yang saya gunakan diatas dan terbukti berhasil.