4/09/2018

Cara Membuat Widget Melayang di Blogspot

Cara Membuat Widget Melayang di Blogspot - Widget Melayang atau dikenal dengan Sticky Widget adalah tampilan dari komponen sebuah template blog yang terletak disebelah kanan atau kiri (sidebar) dan dapat melayang apabila halaman blog ditarik (scroll) kebawah.

Hal ini digunakan untuk mengisi kekosongan halaman dan dimanfaatkan untuk menarik pengunjung blog. Biasanya banyak para pemilik blog yang mengisi sticky widget dengan recent post, popular post, tombol media sosial, iklan blog dan masih banyak yang lain.


Sticky Widget sebenarnya dapat kalian lihat seperti yang ada pada blog milik saya ini. Disitu saya tampilkan sebuah widget yang dapat melayang yang berisi tentang artikel-artikel yang baru di publish.

Cara Memasang Widget Melayang di Blogspot


Langkah awal jika kalian ingin memasang sticky widget atau widget melayang diblog adalah:

Buka akun blogger kemudian langsung menuju ke Edit HTML yang ada pada dashboard (Tema > Edit HTML).

Tambahkan kode javascript dibawah ini sebelum kode "</body>".

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Sticky widget
$(function(){if($("#HTML1").length){var o=$("#HTML1"),t=$("#HTML1").offset().top,i=$("#HTML1").height();$(window).scroll(function(){var s=$("#footer").offset().top-i-20,f=$(window).scrollTop();if(f>t?o.css({position:"fixed",top:25}):o.css("position","static"),f>s){var n=s-f;o.css({top:n})}})}});
//]]>
</script> 

Fungsi dari javascript diatas adalah untuk memproses widget agar dapat melayang diblog. Pada kode diatas terdapat kode #HTML1 yang menandakan bahwa widget dengan ID tersebut nantinya akan melayang.

Kemudian tambahkan kode CSS dibawah ini sebelum kode "</style> atau ]]></b:skin>"

#HTML1{width:100%;max-width:300px}

Kode CSS ini digunakan untuk mengatur ukuaran kebar dan menandai widget yang akan dijadikan sticky atau dapat melayang.

Demikian cara membuat widget melayang di blogspot. Apabila dalam penjelasan di atas masih ada yang kurang dipahami dapat langsung ditanyakan melalui komentar dibawah.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat sticky widget seperti yang saya jelaskan diatas. Namun menurut saya cara di atas merupakan cara yang paling mudah.

Sumber:
http://www.arlinadzgn.com/2015/12/cara.membuat.sticky.widget.di.sidebar.blog.html
http://blog.kangismet.net/2012/10/membuat-sticky-widget-sidebar-di.html