4/09/2018

Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Search Console Google

Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Webmaster Tools Google - Search Console Google atau biasa kita sebut Webmaster Tools adalah tools yang telah disediakan oleh Google secara gratis, dengan tujuan setiap artikel yang telah diposting akan cepat terindek oleh mesin pencari.

Sebagai salah satu mesin pencari terbesar didunia, Google menyarankan bagi setiap pemilik blog agar mendaftarkan dan melakukan verifikasi blog. Apabila itu telah dilakukan maka blog yang telah kita daftarkan akan masuk dalam search engine. Langkah ini dilakukan setelah Membuat Blog di Google.

Melalui Search Console Google banyak blog yang terindek setiap harinya, dan bisa jadi konten blog kita adalah salah satu yang akan diindeks per detik. Tetapi ada kalanya kita perlu mengkontrol hasil indeks tersebut, memonitor perkembangannya dan mengetahui sudah berapa URL yang diindeks oleh Google.

So, pada kesempatan kali ini saya akan menginformasikan tutorial cara mendaftarkan dan verifikasi blog di Webmaster Tools Google (Search Console).

Cara Daftar Blog di Search Console Google


Langkah-langkah cara mendaftar blog ini dapat digunakan untuk blog dengan platform Blogspot (Blogger) atau Wordpress.

Langkah 1
Pertama kali buka akun Google, kemudian buka alamat URL berikut "https://www.google.com/webmasters/" lalu klik "Sign In" atau tekan tombol "Search Console"

Langkah 2
Setelah masuk pada halaman utama Webmaster klik "Add Property" lalu tuliskan alamat blog anda seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik tombol "Add".



Dengan begitu maka blog Anda telah terdaftar di Webmaster, namun tidak sampai disitu saja, langkah selanjutnya adalah dengan memverifikasi blog agar dapat dikenali oleh mesin pencari dan secara otomatis dapat diindek dengan baik.

Maka langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi blog, Bagaimana cara verifikasi blog di Search Console (Webmaster Tools)?

Cara Verifikasi Blog di Search Console Google


Setelah mendaftarkan blog dalam mesin pencari langkah selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi agar blog dikenali oleh mesin pencari.

Langkah 1
Apabila blog sudah terdaftar maka akan terlihat nama alamat url tersebut berada pada Webmaster Tools Google, kemudian lanjutkan dengan klik link alamat url blog tersebut maka anda akan dibawa kehalaman baru, kemudian klik icon roda bergerigi pada pojok kanan atas pilih "Verifikation Details".


Langkah 2
Setelah terlihat halaman baru pilih "HTML tag" setelah itu akan muncul kode verifikasi seperti terlihat dibawah ini.


Langkah 3
Copy paste kode yang telah didapatkan pada langkah kedua diatas tepat dibawah kode "<head>" pada template blog anda dan Simpan template "Save theme".


Langkah 4
Kembali ke halaman pada langkah kedua klik tombol "VERIFY", jika kode telah tersimpan dengan maka anda akan mendapati pesan seperti dibawah ini, kemudian lanjutkan dengan klik link "Continue".


Sampai dengan tahap diatas maka cara daftar dan verifikasi blog ke Webmaster Tools telah sukses dilakukan. Tunggu beberapa hari kedepan hingga konten blog anda secara keseluruhan terindek dengan sempurna.

Demikian Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Search Console, semoga bermanfaat dan apabila ada pertanyaan silahkan komen dibawah. Terimakasih.