8/10/2017

Cara Mengatasi Duplikat Meta Deskripsi Blog

Duplikat Meta Deskripsi Blog menjadi momok tersendiri bagi pengelola blog atau situs, ini terjadi lantaran beberapa konten didalam blog ketika search engine melakukan index blog secara berkala. Disaat bot spider merayapi halaman blog dan menemukan deskripsi dan judul yang sama, sehingga akan berdampak pada hasil pencarian yang kurang relevan dan efek buruknya dapat memepengaruhi rangking di halaman pencarian. Tentu saja hal ini menjadi masalah tersendiri dan dapat menyebabkan blog dikenakan sanksi.

Terjadinya duplikat meta deskripsi ini dapat terjadi bilamana anda tidak menggunakan meta tag deskripsi dalam template blog yang anda gunakan, dengan adanya masalah duplikate meta deskripsi tersebut maka bot search engine akan menganggap semua konten menjadi duplikat deskripsi yang di tujukan di Webmaster Tools dan untuk mengetahuinya bisa anda lihat dengan membuka Google webmaster tools, selain menggunakan webmaster juga dapat diketahui melalui tools lain dan caranya adalah sebagai berikut: Cara Melihat Duplikat Konten Mudah dan Cepat.

Oleh karena itu kita sebagai pemilik blog harus dapat mengatasi duplikat meta deskripsi dan judul blog, supaya blog kita dapat bersaing di halaman pertama search engine dan dapat terhindar dari sanksi. Maka dari itu berikut ini saya sajikan cara mengatasi dan menghilangkan duplikat meta deskripsi blog.

Cara Mengatasi Duplikat Meta Deskripsi Blog


Cara Mengatasi Meta Deskripsi Blog Pada Halaman Archive
Jika anda ingin menggunakan Tag Tajuk Robot Khusus lakukan dengan hati-hati sebab jika sampai salah akan berakibat fatal pada blog. Berikut settingan yang ada pada blog saya dan sampai saat ini masih aman. Cara ini saya lakukan untuk menghindari terjadinya duplikat pada halaman arsip.



Jika anda masih ragu dengan menggunakan tag tajuk robot khusus dapat menambahkan kode HTML dibawah ini pada template anda.
<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>

Cara Mengatasi Duplikat Meta Deskripsi Blog Pada Halaman Mobile
Masalah duplikat meta deskripsi pada halaman mobile sering terjadi dan paling banyak dialami oleh setip pemilik blog termasuk saya sendiri. Jika blog anda sering diakses melalui halaman mobile akan terlihat m=0 dan m=1. Untuk mengatasi terjadinya duplikat meta deskripsi blog di halaman mobile maka copy paste kode untuk pengaturan robot.txt dibawah ini:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1 Disallow: /?m=0 Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0 User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://ALAMAT-URL-BLOG/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Pada tulisan "Disallow: /?m=1, Disallow: /?m=0, Disallow: /*?m=1, Disallow: /*?m=0" berfungsi untuk mencekal bot mesin pencari dalam merayapi tampilan pada mobile phone, dan ini memang cara paling ampuh untuk mengatasi duplicate meta deskripsi pada halaman mobile tersebut. Namun hal ini akan mengakibatkan blog anda menjadi tidak mobile friendly dan bisa jadi blog anda tidak akan terindex pada tampilan handphone sehingga berdampak pada pengunjung blog yang menurun.

Cara Mengatasi Duplikat Meta Deskripsi Blog Dengan rel=canonical
Dengan menambahkan kode rel=canonical, maka anda sudah memberitahu search engine, bahwa yang boleh di index adalah hanya halaman blog dalam format HTML, sedangkan halaman yang ditampilkan dalam format untuk mobile tidak di index. Itulah sebabnya kita harus memasang code rel=canonical, jika blog anda sering diakses dan mendapatkan banyak kunjungan dari mobile atau hp,  maka akses tersebut akan membuat url baru yang dapat menimbulkan duplikat konten. Untuk mengatasi hal tersebut copy paste kode HTML dibawah ini dibawah kode <head> atau dibawah kode </title>.
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

* Jika kode tersebut telah ada dalam template blog maka abaikan saja.

NOTE: Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi duplikat meta deskripsi diatas diperlukan beberapa hari biasanya hingga 7 hari dan bahkan sampai sebulan.

Demikian Cara Mengatasi Duplikat Meta Deskripsi Blog, semoga kedepan blog anda tidak lagi mengalami duplikat setelah menggunakan cara saya diatas. Salam

2 comments:

  1. Terima kasih, bahasan mengenai setting Tag tajuk robot khusus diatas saya praktekkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 semoga berguna dan bermanfaat. terimakasih

      Delete

Perhatikan sebelum berkomentar di www.portalblogspot.net
1. NO SARA
2. NO SPAM
3. NO LINK ACTIVE