10/02/2017

Cara Memasang Tombol Share Media Sosial WhatsApp di Blog

Cara Memasang Tombol Share Media Sosial di Blog - Memiliki sebuah blog yang banyak pengunjung adalah kepuasan tersendiri bagi seorang blogger. Bahkan untuk menarik pengunjung yang banyak diperlukan berbagai macam cara salah satunya adalah dengan memasang tombol share media sosial, misalnya whatsapp, facebook, twitter, google+, linked in, dan lain sebagainya.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan banyak pengunjung dan meningkatkan traffik blog adalah dengan membagikan artikel otomatis ke media sosial. Jika anda memilki halaman facebook (fanspage) dapat menggunakan Cara Share Artikel Ke Media Sosial Facebook.

Nah, saat ini salah satu media sosial yang sering digunakan adalah WhatsApp. Sebuah aplikasi pesan yang memudahkan anda untuk berinteraksi dengan teman-teman hanya dengan menggunakan smartphone, selain menggunakan BBM dan Messenger FB.

Kelebihan lain WhatsApp adalah dapat digunakan untuk video call, pembuatan grup khusus dan dapat mengirimkan file yang berkapasitas besar.

Dengan kelebihan tersebut salah satu cara yang dapat dimanfaatkan untuk menambah traffik blog adalah dengan membagikan URL atau link blog melalui whatsapp ke group yang telah kita ikuti supaya blog yang kita kelola mendapatkan traffik yang tinggi.

Lalu bagaimana cara memasang tombol share whatsapp di blog? Ingin tahu caranya simak dibawah ini.

Cara Memasang Tombol Share Media Sosial WhatsApp di Blog



Dalam contoh kasus kali ini saya menggunakan media blogspot, sebab platform blogspot dari Google ini platform yang miliki banyak pengguna dan relatif mudah apabila dibandingkan platform yang lain.

Langkah Pertama, login ke akun blogger kemudian buka Theme > Edit HTML

Langkah Kedua, copy paste kode CSS dibawah ini diatas kode "</style>"

.wa-button{color:#fff;margin:0 auto;padding:0;font-size:14px;font-weight:700}
.wa-button a{color:#fff;margin:0 auto;padding:10px 8px;background:# 4dc247}
.wa-button i{font-weight:400;margin:0 10px 0 0}
atau jika kalian menggunakan template dari arlina design tambahkan kode dibawah ini
.fa-whatsapp.social_icon{background:#4dc247}
#socialcounter ul li.social_item-wrapper:hover .fa-whatsapp.social_icon{background:#4dc247}
#socialcounter ul li.social_item-wrapper:hover .social_whatsapp{background:#4dc247}
#socialcounter ul li a.social_item.social_whatsapp{background:#006400}
Langkah Ketiga, kemudian lanjutkan dengan copy paste kode dibawah ini pada kode media sosial yang sebelumnya ada blog anda masing-masing.

<li class='wa-button'><a data-action='share/whatsapp/share' expr:href='&quot;whatsapp://send?text=&quot; + data:post.title + &quot;%20%2D%20&quot; + data:post.url'><i aria-hidden='true' class='fa fa-whatsapp'/> WhatsApp</a></li>
jika kalian menggunakan template dari arlina design tambahkan kode dibawah ini
<li class='social_item-wrapper'><a class='social_item social_whatsapp' data-action='share/whatsapp/share' expr:href='&quot;whatsapp://send?text=&quot; + data:post.title + &quot;%20%2D%20&quot; + data:post.url' rel='nofollow'><i class='fa fa-whatsapp social_icon'/><span class='social_num'>WhatsApp</span></a></li>
Langkah Keempat, Simpan template dan lihat hasilnya.

Sumber kode: http://www.bungfrangki.com/2017/06/whatsapp-share-button-for-blogger.html

Itulah cara mudah memasang tombol share ke media sosial whatsapp, tanpa menggunakan javascript.

Demikian Cara Memasang Tombol Share Media Sosial WhatsApp di Blog, semoga dengan menggunakan cara ini blog anda semakin banyak pengunjung. Simak juga bagaimana saya Membuat Tombol Back To Top Di Blog.