4/27/2018

Cara Membuat Blog #1 Menentukan Platform Blog

Cara Membuat Blog #1 Menentukan Platform Blog - Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat blog? saya akan memberitahu kepada anda. Apa saja yang dilakukan sebelum membuat blog yang baik dan bermanfaat bagi pengunjung.

Blog selain digunakan untuk berbagi pengalaman, banyak blogger (sebutan bagi pemilik blog) yang memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan alias penghasilan dari internet, digunakan untuk sarana jual beli online, dan lain sebagainya.


Melalui artikel berikut ini, saya akan berbagai kepada anda langkah-langkah awal membuat blog yang baik untuk pemula.

Sebelum memulai membangun blog alangkah baiknya anda menentukan dahulu platform blog yang akan dipakai.

Apa saja Platform Blog?


Sebelum membahas beberapa platform blog yang dapat digunakan untuk membuat blog, sebagai pemula, anda pasti ingin menggunakan platform blog yang mudah digunakan dan tidak perlu memikirkan coding.

Selain itu juga anda juga perlu memikirkan jenis blog yang akan anda buat, sebab dengan begitu akan membuat anda mudah untuk mengelolanya dikemudian hari.

Platform blog sendiri hingga saat ini telah banyak tersedia dan gratis, lalu apa saja jenis platform blog? berikut ini yang dapat anda gunakan untuk membuat blog.

1. Blogger
Blogger.com adalah salah satu platform blog yang tersedia secara gratis yang dapat anda gunakan untuk membuat blog. Masuk dengan ID Google Anda, dan Anda dapat memiliki blog dan berjalan dalam hitungan detik, yang kemudian dapat disesuaikan dengan tema baru. Namun, ini adalah layanan Google, jadi jadilah sentuhan yang berhati-hati, mengingat betapa tiba-tiba perusahaan itu kadang-kadang menyingkirkan hal-hal yang jutaan orang senang menggunakannya.

2. WordPress
Jika orang-orang di WordPress dapat dipercaya (dan sepertinya sesuai dengan kepercayaan), sekarang 'menguasai' seperlima internet. Sangat mudah untuk melihat mengapa: di WordPress.com, Anda dapat dengan cepat membuat blog baru seluruhnya secara gratis, dengan jumlah penyesuaian yang wajar. Sebagai alternatif, kebanyakan web host menyediakan WordPress sebagai satu klik pemasangan gratis, dan lebih banyak informasi tentang apa yang mungkin ada dapat ditemukan di WordPress.org. Pendatang baru mungkin menemukan WordPress sebagai sentuhan yang membingungkan pada awalnya, tapi ini adalah pilihan bebas terbaik bagi siapa saja yang menginginkan perpaduan antara kekuatan, kustomisasi dan kegunaan yang hebat. Untuk membantu Anda, kami telah mengumpulkan tutorial WordPress terbaik dan tema WordPress gratis terbaik untuk Anda mulai.

3. Medium
Medium.com adalah salah satu penyedia layanan blog yang di gagas oleh pendiri Twitter, dan tampaknya merupakan usaha mereka untuk melakukan apa yang pernah mereka lakukan untuk microblogging. Hasilnya adalah tempat yang berorientasi sosial yang menekankan tulisan, meski dalam setting yang sangat terkunci. Ini adalah tempat untuk blog jika Anda ingin kata-kata Anda dianggap serius, dan jika Anda menyukai pengalaman yang dipoles dan disederhanakan. Tapi jika Anda hebat dalam penyesuaian dan kontrol, cari di tempat lain.

4. Tumblr
Tumblr dalah salah satu platform blog yang menawarkan lebih banyak ruang lingkup daripada yang terakhir, namun cenderung memilih output yang lebih ringkas daripada yang lain. Aplikasi seluler yang layak memudahkan pengiriman konten ke blog Tumblr dari mana saja, dan cukup mudah menyesuaikan tema Anda untuk membuatnya menjadi milik Anda sendiri. Tumblr juga memiliki undercurrent sosial yang kuat, melalui model berikut yang dikombinasikan dengan catatan dan favorit. Meskipun sadar bahwa layanan ini memiliki beberapa bots porno yang banyak diminati, yang mungkin akan membuat hati samar sedikit terkejut jika mereka mengecek setiap favorit dari pos mereka.

5. Weebly
Weebly sendiri lebih di fokuskan sebagai sistem pembuatan situs web daripada sesuatu untuk menciptakan blog semata. Ini berbasis di sekitar komponen seret dan jatuhkan, yang memungkinkan Anda membuat halaman baru dengan cepat. Namun, blogging juga merupakan bagian dari sistem, dan Anda mendapatkan akses ke tata letak yang dapat disesuaikan, banyak tema gratis, dan fitur berbagi biasa yang Anda harapkan, untuk menyebarkan kata-kata Anda jauh dan luas.

6. Wix
Jika HTML5 penting bagi Anda maka Wix layak dilihat; Ini mengklaim sebagai satu-satunya platform drag-and-drop-building dengan kemampuan HTML5. Selain itu Anda akan menemukan lebih dari 500 template buatan desainer serta banyak fitur dan aplikasi tambahan, di sepanjang hosting kelas atas sehingga Anda dapat yakin situs Anda akan berada di sana saat Anda membutuhkannya. Anda mendapatkan penyimpanan 500MB dan bandwidth 1GB dengan akun Wix gratis; jika Anda memerlukan lebih banyak - ditambah fitur lain seperti domain Anda sendiri, dan toko online dan Google Analytics.

Itulah 6 platform blog yang dapat saya informasikan kepada anda, semoga berguna dan bermanfaat.

Demikian Cara Membuat Blog part 1 yaitu dengan menentukan platform blog yang akan dipakai, semoga berguna dan bermanfaat bagi anda.