9/24/2019

Cara Mengganti HTTP ke HTTPS Blogger

Cara Mengganti HTTP ke HTTPS Blogger - Kembali lagi bersama PortalBlogspot, pada kesempatan kali ini saya akan kembali berbagi seputar tutorial blog yaitu tentang cara mengganti http ke https blogger secara gratis. Dengan mengubah menjadi https bertujuan untuk melindungi blog, jadi setiap pengunjung yang mengakses blog kita akan terenkripsi secara otomatis.

Apa Itu HTTPS?


HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure adalah sebuah protokol komunikasi internet, dalam artian sebagai bentuk protokol internet yang valid dan paling aman untuk melindungi integritas dan kerahasian antara pengguna komputer dan situs / blog.

Dengan menggunakan HTTPS data yang dikirimkan dari situs ke pengunjung akan dijamin aman dan tidak akan mudah disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu dengan menggunakan protokol https, orang lain akan sulit untuk membajak isi data atau dokumen yang dikirimkan dari situs ke pengunjung.

Oleh sebab itu, HTTPS mempunyai peranan penting dalam kasus ini, untuk menghindari pencurian data seperti password dan data lain, maka sebuah situs / blog yang anda miliki hendaknya menggunakan https. Lalu apa saja kelebihan menggunakan HTTPS Blogger?
  • Blog Anda atau pengunjung situs web disaat akan membuka situs web yang benar dan dari situs Anda, pengunjung tidak diarahkan ke situs jahat.
  • Ini akan membantu mengidentifikasi peretas jika mereka mencoba mengubah data apa pun dari Blogger dan mengirimnya ke pengunjung.
  • HTTPS akan menambahkan tindakan pengamanan ekstra yang akan mempersulit orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung Anda, melacak aktivitas mereka, atau mencuri informasi apa pun.
  • Mesin pencari akan mendukung Blog atau situs web Anda dengan HTTPS. Jadi situs Anda akan mendapat prioritas utama melalui situs HTTP, sehingga untuk dapat menempati rangking pertama halaman search engine akan lebih mudah.
  • Ini akan meningkatkan peringkat Google karena koneksi aman.
  • HTTPS akan meningkatkan keamanan situs Anda.
  • Akan meningkatkan Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan di situs e-commerce. Karena mereka dapat memberikan kata sandi kartu kredit mereka tanpa rasa takut.

Nah, setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2017 google melakukan update dengan menambahkan fitur https untuk blogspot (belum TLD), kini google kembali melakukan perubahan bahwa blog yang telah melakukan upgrade ke domain TLD dapat diganti dengan https, lalu bagaimana cara mengganti http ke https di blogger? Untuk lebih jelasnya simak pada tutorial dibawah ini:

Cara Mengganti HTTP ke HTTPS Blogger Secara Gratis



1. Login ke akun Blogger anda.

2. Setelah itu buka alamat url berikut ini https://draft.blogger.com

3. Setelah itu buka menu Setting > Basic, pada bagian HTTPS Availibility seperti gambar dibawah ini ganti dari NO menjadi YES.


Perhatikan pada "HTTPS Availibility" setelah diganti menjadi YES tunggu beberapa saat hingga pada "HTTPS Redirect" dapat diubah. sehingga menjadi seperti dibawah ini.


Itulah cara mengganti http ke https blogger secara gratis, dengan demikian blog anda akan lebih aman. Semoga tutorial blog diatas berguna bagi anda semua.