5/21/2020

Bukan Sekedar Backlink INILAH Sumber Backlink Berkualitas

Sumber Backlink Berkualitas - Backlink hingga saat ini masih menjadi bagian penting dalam menentukan peringkat halaman blog pada mesin pencari. Banyak para pemilik blog atau website berlomba-lomba untuk mendapatkan sumber backlink berkualitas. Di kesempatan sebelumnya saya pernah membahas sedikit tentang Apa Itu SEO bagi Blog yang didalamnya mengulas tentang backlink, sebab backlink sendiri termasuk dalam Optimasi SEO Off Page.

Optimasi blog dengan menggunakan backlink yang berkualitas adalah salah satu bagian seo yang penting. Dan banyak para blogger yang menyatakan bahwa dengan mendapatkan backlink sebanyak mungkin akan semakin bagus, padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Jumlah backlink yang banyak tidak akan berpengaruh pada blog atau website karena hanya akan meningkatkan kualitas. Semakin berkualitas sumber backlink pada blog akan semakin baik.

Lalu apa faktor penentu dan patokan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas?
  • Kualitas website dimana anda menempatkan backlink
  • Letak dari backlink itu sendiri,
  • Aktif tidaknya website yang dijadikan backlink,
  • Backlink website jenis Dofollow atau Nofollow,
  • Jenis website, dan
  • Relevansi backlink terhadap blog.

Untuk memahami lebih lanjut tentang faktor yang menentukan apakah backlink itu berkualitas, simak penjelasan dibawah ini.

Inilah 6 Faktor yang menentukan apakah Sumber Backlink Berkualitas atau tidak



1. Kualitas Backlink

Kualitas backlink yang dimaksud disini adalah jangan pernah sembarangan menaruh backlink di blog orang lain tanpa mengetahui reputasi situs tersebut.

Pertama dalam menentukan kualitas backlink adalah ditandai dengan banyaknya visitor yang selalu berinteraksi pada situs tersebut yaitu dengan berkomentar.

Kedua dengan melihat isi konten dan jumlah dari artikel yang telah dibuat.

Ketiga hindari pemasang backlink pada suatu blog yang mengandung banyak pelanggaran seperti memuat konten SARA, Dewasa dan kekerasan, dll.

2. Letak Backlink

Dari pengalaman saya selama ini salah satu posisi terbaik adalah menempatkan posisi backlink di dalam konten atau yang sering dikenal dengan contextual link.

Nah, jika anda ingin mendapati backlink yang berkualitas untuk blog anda maka utamakan jenis backlink contextual link.

3. Aktif tidaknya Website

Website yang aktif adalah yang selalu melakukan update artikel dan tempat paling baik untuk menaruh backlink.

4. Website Jenis Dofollow atau NoFollow

Sumber baklink yang berkualitas terbaik adalah dari website yang berjenis dofollow, tetapi jangan berlebihan dalam melakukan optimasi backlink yang satu ini karena dapat membawa dampak buruk bagi blog itu sendiru. Maka lakukan hal yang sewajarnya jangan berlebihan.

5. Jenis Website

Jenis website untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dari berbagai jenis, namun yang perlu ditekankan adalah dari berbagai jenis website yang ada hanya beberapa saja yang mampu memberikan backlink terbaik.

Lalu apa saja jenis website yang berkualitas untuk backlink? berikut salah satunya

  1. Website jenis Guest post,
  2. Situs jenis Referensi seperti Wikipedia dan Wikihow,
  3. Situs Pemerintah (gov dan edu),
  4. Website authority seperti hipwee.com, viva.co.id, detik.com,
  5. Website jenis content sharing seperti academia, scribd, kompasiana dan slideshare,


Itulah beberapa jenis website yang dapat anda jadikan sebagai sumber backlink yang berkualitas.

6. Relevansi Backlink terhadap blog

Backlink yang relevan pasti berkualitas, dalam artian bahwa sumber backlink yang didapatkan memiliki topik yang sama dengan website milik anda.

Sebagai contoh apabila anda memiliki website yang membahas tentang blog maka backlink yang berkualitas baik untuk dijadikan backlink adalah yang memiliki topik yang sama.

Nah, mudah bukan cara mendapatkan sumber backlink yang berkualitas.

Semoga artikel yang saya tulis kali ini berguna dan bermanfaat. Sumber Backlink Berkualitas dapat menjadi penentu untuk meningkatkan kualitas blog yang Anda miliki di mesin pencari.